Selasa, 31 Maret 2009

Sperma Sedikit, Normal Nggak?

Jumat, 13/03/2009 15:05 WIB


Tanya:
Saya seorang berusia 27 tahun dan Insya Allah akan menikah tahun depan, namun ada pertanyaan besar yang selama ini saya simpan karena malu berkonsultasi langsung. Sebagai lelaki normal kita sering mengeluarkan sperma, tetapi sperma saya sedikit. Normalkah itu? Dan apakah tidak mengganggu kesuburan saya dan yang normal berbau atau tidak? Saputra, 24 tahun

Jawab:
Perlu dijelaskan terlebih dahulu, air mani (cairan sperma) terdiri dari hasil produksi dari beberapa jenis kelenjar laki-laki, diantaranya sel sperma yang diproduksi oleh testis, cairan kelenjar prostat, cairan kelenjar-kelenjar lain yang merupakan bagian dari sistem reproduksi laki-laki. Berwarna putih kental, bila dibiarkan lama akan menjadi keabu-abuan, berbau sedikit seperti daun pandan. Jumlah banyak sedikitnya, kental encernya itu sangat relatif, tergantung kondisi setiap orang.

Yang jelas, kesuburan setiap laki-laki tidak dapat ditentukan dari jumlah banyak atau sedikitnya ataupun kental encernya air mani seseorang. Karena yang menjadi patokan kesuburan cairan sperma adalah jumlah sel sperma dalam setiap cc air mani, berapa persen dari jumlah sperma tersebut yang utuh dan aktif bergerak serta berapa yang rusak dan kandungan zat-zat di dalam air mani tersebut. Perlu diingat bahwa, cukup diperlukan satu buah sel sperma untuk bisa membuahi sel telur perempuan, sehingga jika jumlah air mani tidak terlalu banyak, namun penuh berisi sperma, Anda akan dapat membuahi istri.

Tidak ada komentar: